Jejen Al Cireboni
Jejen Al Cireboni Karyawan

Hidup adalah Perjalanan Cinta, mengisi perjalanan dan menuju perjalanan akan indah jika kita saling berbagi dan dan selalu menjaga hati untuk mengapai Cinta & RidhoNya

Selanjutnya

Tutup

Cara Supaya Sukun Berbuah Lebat dan Buah Sukun Tidak Rontok

7 Juli 2017   14:36 Diperbarui: 7 Juli 2017   14:44 94 0 0
Cara Supaya Sukun Berbuah Lebat dan Buah Sukun Tidak Rontok
pohon sukun berbuah rindang serindang daunnya menggunakan POC Biogan

Cara Supaya Sukun Berbuah Lebat dan Buah Sukun Tidak Rontok 

Melihat kebelakang rumah buah-buah sukun berserakan , padahal banyak buahnya sayang sekali banyak buah sukunyang rontok masih muda , kalau rontok sudah matang dan menua sih ituwajar tapi kalau rontoknya itu buha-buah yang masih muda itu masalah. Padahal di Blok pemedelan Desa Pekantingan Kec . Klangenan Kab Cirebon Jawa Barat , pohon sukun peninggalan Alm. Bapak Barjan ini menjadi penantian orang -orang seblok  Pemedelan , bila panennya hasilnya sedikit tetangga bukan cuman satu Rt tapi se RW pada menanyakan buat membelinya . Jadi kalau panen sukun otomatis tetangga pada datang dan membelinya .

Ada sebuah teknologi yang harus dibuktikan sendiri yaitu sebuah teknologi organik buatan Bapak Sujadih dari Klangenan ,nama teknologinya  yaitu teknologi organik Biogan, yang awalnya saya buktikan sendiri kebetulan ada pohon sukun yang ditanam oleh kakeknya istri dibelakang rumah dan karena bibitnya itu dari Jawa Tengah maka sukunnya tidak seperti pohon sukun zaman sekarang yang pohonnya pendek, kalau sukun peninggalan kakenya istri ini tinggi dan memanennya pun mesti menaiki pohonnya dan memakai tongkat weteng untuk memanennya. 

Ya awalnya sih buah sukun dibelakang rumah ini lebih rindang daunnya dari pada buahnya , tapi dengan pemberian PupukOrganik Cair Biogan akhirnya setiap musim terlihat ada penambahan buah yang ada . Padahal cara memanenya itu menggunakan tongkat kami menyebutnya  weteng yang diujungnya diikatkan sabit. Otomatis cabang-cabangnya banyak yang rusak maka setelah panen baik saat itu atau karena cape bisa dilakukan H +1 atau H+2 setelah panen atau seminggu kemudian setelah panen baiknya langsung di siram POC Biogan dicampur air bersih , sesuikan dengan besarnya pohon kalau besar tentu pupuk biogan dan airnya juga banyak.

Nah begitu juga untuk mengatasi dan mengurangi angka kerontokan buah muda yaitu dikasih pupuk organik cair Biogan ditambah air bersih , karena didalam poc Biogan itu terdapat hormon-hormon serta unsur hara makro dan mikro yang dibutuhkan oleh tanaman keras khususnya pohon sukun ini , dan terbukti mengurangi jumlah kerontokan buah sukun muda.


Sukun (Artocarpus communis) adalah tanaman berbuah yang banyak ditemukan di daerah tropis seperti Malaysia dan Indonesia. Orang Eropa menyebut sukun sebagai Breadfruit. Hal ini dikarenakan buah sukun tidak berbiji serta memiliki bagian empuk yang mirip seperti roti. Buah sukun banyak diolah dan dimanfaatkan sebagai sumber pangan. Sukun digunaka nsebagai sumber karbohidrat penting di daerah Pasifik dan biasadikenal sebagai kuru, ulu, atau uru.Menurut laporan, karbohidrat yang terkandung dalam 100 g tepung sukun setara dengan karbohidrat pada 100 g beras. Daun sukun sendiri banyakdimanfaatkan dalam pembuatan obat tradisional. Buah sukun diketahui memiliki berbagai jenis kandungan seperti vitamin C, riboflavin,karbohidrat, kalium, thiamin, natrium, kalsium, dan besi.  Padakulit kayunya diketahui mengandung senyawa turunan flavonoid terprenilasi  yaitu artonol B dan sikloartobilosanton.



Manfaat sukun untuk kesehatan

Selain rasa olahan buah sukun yang digoreng atau dijadikan kripik yang begitu nikmat , serta buah sukun yang masakjuga terasa lezat juga berbagai kandungan senyawa yang terdapat padasukun tersebut terbukti dapat memberikan manfaat bagi kesehatan manusia. Apa saja manfaatnya? Berikut ulasan mengenai manfaat sukun:

Begitu banyak manfaat dari sukun ini maka menjaga dan memlihara pohon sukun tentulah suatu hal yang bijak .

Anda ingin pohon sukunnya buahnya lebat selebat daunnya ?

Anda ingin buah sukunnya bertambah dalam setiap pohonnya ?

 Anda ingin buah sukun tidak mudah rontok ?

Anda ingin buah sukunnya ini tidak mudah busuk ?

Anda igin buah sukunnya berasa lebih enak ?

Maka silahkan aplikasikan Teknologi Organik Cair Biogan pada pohon sukun Anda ?