Albert Christianto
Albert Christianto

Digital & E-Commerce Marketer, Digital Entrepreneur, Digital Business Author.

Selanjutnya

Tutup

Tekno

Digitalisasi Bisnis (Seri VI)

17 Mei 2017   11:36 Diperbarui: 17 Mei 2017   11:51 8 0 0

Social Media + Messenger

Halo para sobat bisnis, saya kembali lagi untuk sharing beberapa informasi yang saya miliki mengenai “Digitalisasi Bisnis”. Sekedar informasi tambahan bagi para sobat bisnis yang baru membaca artikel saya, artikel saya kali ini sudah merupakan seri yang ke-6. Jika anda ingin membaca semua artikel-artikel saya sebelumnya, silahkan mengunjungi www,kompasiana.com/albertchristianto.

Dalam artikel ini, saya akan membahas poin lanjutan dari tahapan untuk Go Online. Di artikel saya yang sebelumnya sudah saya share kepada para sobat bisnis mengenai tahapan Go Online yang pertama dan kedua yaitu Website Profile & Mobile Apps Profile (Android + iOS). Poin berikutnya untuk tahapan Go Online yang akan saya bahas adalah Social Media + Messenger.

Menurut saya, topik pada artikel ini akan sangat menyenangkan dimana anda dapat memaksimalkan kekuatan yang terdapat pada media-media sosial seperti Facebook, Instagram, Path, Line, WhatsApp, BBM, Telegram, WeChat, dll untuk meraup keuntungan yang cukup besar. Namun, perlu anda tanamkan dalam benak anda dimana tidak ada sesuatu hal yang besar dapat terjadi secara instant. Ketika anda menggunakan media-media sosial, maka hal tersebut bisa dikatakan sebagai ajang dalam membangun sebuah relasi dan interaksi dengan orang-orang di luar yang anda kenal.

Media sosial selalu identik dengan kata “kekinian”, sehingga anda juga harus menjaga pengetahuan anda terhadap trending words yang terdapat di kalangan pengguna media sosial. Kita tidak bisa memandang remeh kekuatan dari media sosial untuk “branding” usaha online yang anda miliki. Terdapat jutaan orang yang pasti sudah menggunakan media sosial untuk menjalankan usaha online mereka dan banyak dari mereka yang juga bisa mendapatkan penghasilan jauh lebih banyak dari yang mereka perkirakan. Ketika anda menggunakan media sosial sebagai sebuah sarana berpromosi, maka akan terdapat 1 pertanyaan yang harus anda pecahkan yaitu “bagaimana promosi usaha anda bisa menjadi sebuah trending topic yang viral di media sosial?”.

Berbagai macam strategi dapat anda pakai untuk membuat usaha anda menjadi terkenal di kalangan pengguna media sosial seperti FB Ads, Instagram Ads, Line@, dll. Dan bagi anda para pemula dalam dunia bisnis online, maka anda wajib untuk menggali ilmu yang lebih dalam untuk menggunakan fasilitas business manager yang terdapat di media sosial. Tapi perlu anda ingat, bahwa semua fasilitas tersebut pastinya berbayar dan terkadang akan memakan biaya yang cukup besar untuk mendapatkan ilmu Social Media Marketing seperti yang saya sebutkan di atas.

Tidak lupa saya ingatkan kembali kepada para sobat bisnis yang ingin memiliki sebuah usaha secara digital, bahwa dibutuhkan komitmen yang sangat tinggi untuk selalu “eksis” dalam melakukan promosi di dunia digital ini. Komitmen yang telihat sangat mudah namun cukup menyita perhatian anda, seperti foto produk, upload ke media sosial, menulis caption yang menarik, hingga berpromosi menggunakan Social Media Marketing.

Jadikan media sosial anda seperti ladang subur sehingga anda tinggal menanam benih dan merawatnya untuk menuai hasil yang maksimal untuk usaha online yang anda jalankan. Di sisi lain, anda juga harus menjaga “etika & norma” yang berlaku dalam melakukan promosi usaha online di media-media sosial yang anda gunakan sehingga usaha anda tersebut bisa mendapatkan kepercayaan dari para calon customer anda.

Saya rasa cukup sekian sharing yang dapat saya sampaikan pada saat ini.

 Jangan lupa menulis komentar apabila anda ingin berkonsultasi secara langsung.


Salam,


Albert Christianto

Digital & E-Commerce Marketer