Kompasianer Korban Cyberbullying di Kompasiana

13 Juni 2012 10:27:04 Dibaca :
Kompasianer Korban Cyberbullying di Kompasiana
Ok!

Hmmphhhh... Saya tertarik dengan tulisan-tulisan Kompasianer ini dan terus mengikuti perkembangannya. Hingga akhirnya saya menyadari bahwa warga Kompasiana ini telah menjadi korban nyata Cyberbullying di Kompasiana itu sendiri. Mudah-mudahan tulisan ini nantinya bermanfaat bagi warga Kompasiana dalam menyikapi Cyberbullying dan menjadi perhatian khusus bagi pengelola Kompasiana. "Cyberbullying adalah kegiatan seseorang yang menggunakan media informasi teknologi untuk menggertak, menghujat, mengejek, menghina, melecehkan, merendahkan, memfitnah yang dilakukan secara berulang-ulang dan menyebabkan seseorang menjadi rendah diri, galau, sakit hati, strees dan depresi." Berikut beberapa kutipan dari tulisan warga Kompasiana ini yang menunjukkan bahwa ia telah menjadi korban cyberbullying:

  1. "Tetapi petaka menghampiriku. Senyum mereka berubah menjadi sinis. Tawa canda mereka terasa hambar. Apapun yang kukerjakan seakan salah di mata mereka. Beribu panah beracun seakan menghujam di tubuhku. Racun yang membunuh kreatifitasku, Racun yang mematikan ratusan langgam jiwa mudaku. Aku semakin merasa tudingan gila terhadapku benar adanya. Aku semakin terasing di dunia yang aku pijak. Aku merasa semakin terperosok ke dalam lembah tak bertuan."
  2. "Beredar banyak inbox yang mencaci maki saya dengan berbagai hujatan. Tuduhan dan makian ini tambah melebar. Sungguh Demi Allah saya telah remuk redam tak terkira. Saya tak sanggup lagi menahannya."

Sumber 1, 2 oleh Dewa Gilang... Bagaimana ini bisa terjadi? bagaimana solusinya? bagaimana mencegah hal seperti ini? Dalam hal ini sebaiknya Dewa Gilang bisa menerima secara dewasa konsekuensi dari tulisan-tulisannya yang berani. Tidak menghiraukan, tidak menanggapi atau menghapus tanggapan yang sifatnya mengganggu, apalagi tidak berhubungan dengan tema tulisan, atau cenderung menyerang pribadi penulis. Kompasiana adalah "The Real Mass Media", siapapun dan apapun latarbelakangnya bisa menjadi warga Kompasiana, yang hanya bermodalkan email, nama account dan password. Pengelola Kompasiana telah merancang sedemikian rupa peraturan-peraturan yang harus ditaati warganya, meskipun demikian tidak mungkin bagi pengelola untuk mengendalikan warga serta tulisannya secara sempurna. Oleh karena itu warga Kompasiana juga diharapkan untuk dapat berpartisipasi dengan cara membuat tulisan-tulisan yang dapat dipertanggungjawabkan, dan melaporkan tulisan atau tanggapan yang mengarah pada tindakan cyberbullying demi kenyamanan kita bersama.

Rahmad Agus Koto

/ajuskoto

TERVERIFIKASI (HIJAU)

"Alam Terkembang Jadi Buku" Dibaca, dipelajari, dipahami dan diamalkan, Inshaallah. Belajar sampai nafas terakhir. Suka membaca, menulis, mengamati perkembangan Agama, Filsafat, Sosial, Budaya, Politik, Teknologi Informasi, Fotografi, Biologi, Psikologi dan Entrepreneurship.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
FOKUS TOPIK KOMPASIANAA

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?