HIGHLIGHT

Antara IDKita Kompasiana Dengan Digital Citizenship

11 Juni 2012 01:46:01 Dibaca :
Antara IDKita Kompasiana Dengan Digital Citizenship

Saat lagi surfing di samudera informasi (googling gitu loh hehehhe), tuk mencari dukungan data mengenai keamanan berkomputer ria yang hendak saya tulis, saya nyangkut pada tulisan yang eyecatching banget, istilahnya so cool... Digital Citizenship.. yang membuat saya teringat sebagai sukarelawan IDKita Kompasiana.

Digital Citizenship

Digital Citizenship didefenisikan sebagai norma-norma yang pantas, rasa tanggung jawab terhadap penggunaan teknologi digital.

Digital Citizenship adalah konsep yang dapat membantu pemerhati teknologi, guru, pembuat kebijakan dan orangtua untuk memahami apa saja yang mesti diketahui oleh pelajar, anak-anak dan pengguna teknologi dalam pemanfaatan teknologi informasi untuk kesejahteraan masyarakat.

Digital Citizenship lebih dari sekedar alat pengajaran, hal ini juga menyangkut persiapan yang baik untuk memasuki era masyarakat sarat teknologi (Full High Tech Society). Hal ini penting dilakukan dalam pemanfaatan teknologi secara optimal dan untuk menyikapi semakin maraknya penyalahgunaan teknologi informasi seperti pornografi dan penipuan. Digital Citizenship ini membantu mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab pribadi yang kemudian dapat membantu pengguna teknologi dalam membuat keputusan yang etis dan tepat di dunia online.

Ada sembilan hal dibagi menjadi tiga kategori yang merupakan tema pembahasan Digital Citizenship ini yang digagas oleh Mike Ribble dan dikembangkan oleh Micosoft.

Tema Digital Citizenship: Respect, Educate and Protect (REP)

Ketiga konsep REP ini adalah suatu cara untuk menjelaskan sekaligus mengajarkan tema Digital Citizenship. Masing-masing terdiri dari tiga topik pembahasan yang sebaiknya mulai diajarkan dari level Play Group/TK.

  1. Hargai Diri Sendiri dan Orang Lain (Respect Your Self-Respect Others), mencakup Etika, Akses dan Hukum Digital.
  2. Mengedukasi Diri Sendiri dan Terhubung dengan Orang Lain (Educate Your Self-Connect with Others), mencakup Komunikasi, Pendidikan Formal dan Non Formal (Literacy), dan Perdagangan (e-Commerce).
  3. Lindungi Diri Sendiri dan Orang Lain (Protect Your Self and Protect Others) mencakup: Hak dan Tanggung Jawab (Rights and Responsibility), Keselamatan (Safety/Security) dan Kesehatan dan kesejahteraan (Health and Welfare)

IDKita Kompasiana dan Digital Citizenship

Pertama-tama saya mengucapkan salut dan hormat kepada para penggagas dan sukarelawan IDKita Kompasiana, yang rela menyumbangkan pikiran, tenaga, dan waktu, dalam tindakan nyata untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana peningkatan kesejahteraan masyarakat dan untuk menyikapi semakin maraknya penyalahgunaan teknologi informasi, khususnya internet.

Komunitas IDKita Kompasiana adalah kerjasama antara Komunitas IDKita dengan PT. Kompas Cyber Media dalam rangka mengusung gerakan Internet Sehat. Komunitas IDKita sendiri didirikan oleh komunitas penulis Cengengesan Family yang berdiri sejak Agustus 2011. Untuk bergabung silahkan bergabung di grup facebook idkitakompasiana@groups.facebook.com atau official website IDKita Kompasiana

Mengingat visi dan misi yang pada prinsipnya sama, besar kemungkinan dibentuknya kerjasama antara IDKita Kompasiana dengan penggagas dan pengembang Digital Citizenship, untuk lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi gerakan, misalnya mengadakan seminar bersama dan internet safety workshop.

Ok deh, niat saya tuk membuat tulisan mengenai keamanan berkomputer, saya tunda dulu dah... heheheh

"Ayo, IDKita Kompasiana, Keep The Spirit, para pemimpi yang akan mewujudkan impiannya!"

Salam Hangat Sahabat Kompasianers ^_^

Rahmad Agus Koto

/ajuskoto

TERVERIFIKASI (HIJAU)

"Alam Terkembang Jadi Buku" Dibaca, dipelajari, dipahami dan diamalkan, Inshaallah. Belajar sampai nafas terakhir. Suka membaca, menulis, mengamati perkembangan Agama, Filsafat, Sosial, Budaya, Politik, Teknologi Informasi, Fotografi, Biologi, Psikologi dan Entrepreneurship.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?