Ahmad Imam Satriya
Ahmad Imam Satriya Guru

mencintai 4 wanita cantik Rizka, Adzra, Rania, dan Alida! Great minds discuss ideas, average minds discuss events, small minds discuss people - Elenaor Roosevelt Seorang guru di sebuah sekolah negeri. Pemerhati humaniora. Paling senang berada di tengah keluarga dan di dalam kelas belajar bersama siswa.

Selanjutnya

Tutup

Hiburan

The Expatriate, Malapetaka Tenaga Kerja Asing

18 Februari 2014   22:49 Diperbarui: 24 Juni 2015   01:42 96 0 0

[caption id="attachment_296146" align="alignnone" width="312" caption="dari cinenews.be"][/caption]

Bagaimana rasanya kerja di negara asing? Ada yang merasa jadi budak, ada yang kena diskriminatif, ada yang nyaman sekali dan ada juga yang tertipu. Ya, itulah yang dirasakan Logan (Aaron Eckhart) ketika bekerja sebagai tenaga asing di Belgia. Ketika suatu pagi dia menemukan kantornya kosong tidak ada furniture maupun tanda tanda kehidupan. Setelah dicari-cari ternyata semua rekannya sudah ada di kamar mayat, mati! Logan dan anak perempuannya pun dalam incaran! Logan adalah seorang orang tua tunggal dengan satu anak perempuan. Istrinya telah meninggal mendahului.

Baru-baru ini saya membaca pengalaman seorang wanita Indonesia yang ditipu mentah-mentah ketika akan bekerja di Amerika, ternyata dia ditipu, disekap, dan dipaksa menjadi wanita penghibur. Belum lagi cerita-cerita tentang TKI yang disiksa dan dijadikan budak. Memang mengerikan. Di samping ada juga yang sukses, selamat, dan bahagia di luar sana. Film ini menampilkan sisi kengerian ketika menjadi seorang tenaga kerja asing.

Logan yang diburu oleh pembunuh-pembunuh ahli, ternyata seorang CIA yang mengungkap perdagangan senjata ke negara Afrika yang dalam keadaan berkecamuk perang. Perusahaan tempat dia bekerjapun ditutup untuk menutupi kegiatan gelap yang dilakukan. Semua karyawannya dibunuh. Di belakang semua itu ternyata mantan rekan Logan sendiri yang menjadi biang perdagangan, para agen CIA. Walaupun mereka rekan lama Logan, tetap Logan tidak bergeming dan berusaha menghentikannya serta juga menyelamatkan putrinya yang diculik. Dengan mengirimkan bom dalam koper, meledaklah tim gelap CIA yang memburunya. Anaknyapun selamat.

Film, yang rilis tahun 2013 ini menampilkan juga para orang-orang asing di negara eropa yang ingin mencari penghidupan yang layak. Banyak dari mereka merupakan warga Afrika, dilihat dari nama-namanya seperti Nabil dan Abdul. Nabil yang merupakan teman anak logan berusaha membantu Logan dan anaknya untuk lolos dari para pembunuh. Rasa simpati sesame warga asing terlihat, saling bahu membahu dan tolong menolong serta memberikan support antar mereka. Logan pun diselundupkan dengan mobil box berisi imigran gelap dan disembunyikan di rumah mereka, sampai berhasil merancang dan meledakan bom yang menewaskan bos penjahat.