PILIHAN HEADLINE

12 Tips Membeli Mobil Bekas

05 Januari 2017 14:36:23 Diperbarui: 05 Januari 2017 16:18:54 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
12 Tips Membeli Mobil Bekas
Mitsubishi Mirage, salah satu mobil kompak yang banyak peminatnya di pasar mobil bekas. (Kompas Otomotif-Donny Apriliananda)

Tulisan ini buah dari pengalaman saya menjual dua unit mobil bekas, milik saya dan milik orang tua. Yang milik saya sudah laku terjual, yang milik orang tua belum. Dari banyaknya pembeli yang datang melihat-lihat, saya jadi sedikit banyak tahu bagaimana harus membeli mobil bekas. Sebenarnya pengalaman membeli mobil bekas sudah sejak dulu. Kebetulan saya kadang diajak Bapak membeli mobil bekas.

Ketika saya menjadi penjual mobil tempo hari, pengalaman dalam jual-beli mobil bertambah. Berbagai pertanyaan yang dilontarkan pembeli menambah wawasan saya, terlebih ketika yang membeli orang bengkel atau penjual mobil (dealer). Bukan hanya pertanyaan tetapi juga masukan dan saran dari mereka. Itu luar biasa menurut saya. Saya mendapatkan banyak ilmu tentang mobil bekas secara gratis! Oleh karena itu, saya ingin berbagi pengalaman kepada pembaca sekalian. Mudah-mudahan bisa menjadi masukan bagi yang ingin membeli mobil bekas.

Berikut tips dalam membeli mobil bekas.

1. Bawa teman yang mengerti mobil.

Hampir semua calon pembeli yang datang kepada saya tempo hari membawa teman. Teman berfungsi untuk berbagi pendapat mengenai kondisi mobil. Teman juga berfungsi untuk melakukan pemeriksaan ganda terhadap kondisi mobil, barangkali ada bagian yang terlewat. Teman juga berfungsi untuk keamanan, apabila alamat mobil yang dituju tidak jelas karena bukan daerah yang kita kenal.

2. Periksa kondisi mesin mobil.

Yang dilakukan adalah memeriksa apakah mesin basah atau tidak. Basah biasanya disebabkan oleh oli. Jika terlihat basah kemungkinan besar ada oli yang bocor, bisa jadi dari oli mesin, oli rem, atau oli power steering. Basah juga bisa disebabkan oleh air radiator yang menetes. Cobalah bertanya kepada penjual mengenai mesin basah itu agar dapat informasi lebih jelas.  

3. Nyalakan mobil dan menjalankannya.

Itu untuk memeriksa apakah mesin berisik atau tidak, kaki-kaki bunyi atau tidak, memeriksa kelancaran perseneleng manual ketika ganti gigi, baik gigi maju maupun mundur, termasuk yang automatik. Kita juga bisa memeriksa stir apakah stir berputar balik secara otomatis saat berbelok atau tidak. Jika bisa secara otomatis berputar balik, itu tanda bagus.

4. Nyalakan berbagai fungsi yang ada di mobil seperti wiper, power window, pintu bagasi, radiotape, AC, lampu-lampu, dan pintu kanan kiri. 

Bagian yang tidak berfungsi diingat-ingat atau kalau perlu dicatat. Jika perlu tanyakan bagian-bagian mobil yang sudah tidak orisinil atau mungkin yang sudah diganti dengan onderdil mobil merek lain. Cek juga kondisi ban, apakah sudah gundul atau belum.  

5. Perhatikan asap knalpot saat mesin menyala. 

Jika asap berwarna hitam, biasanya karena karburator kotor (jika mobil masih pakai karburator). Jika asap berwarna putih, berarti ada yang tidak beres di mesin, dan biasanya harus turun mesin setengah atau keseluruhan untuk memperbaikinya, karena mungkin ada air masuk ke mesin. Kita pastikan itu setelah mesin menyala selama 5 atau 10 menit atau mesin sudah panas. Jika asap masih terus berwarna putih berarti kondisi mesin tidak bagus.   

6. Periksa nomor rangka dan nomor mesin mobil. 

Biasanya nomor rangka ada di bagian bodi mesin. Kemudian cek kesamaan nomor dengan surat mobil, seperti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) atau BPKB (Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor). Periksa juga kondisi nomor rangka itu di rangka, apakah ada nomor yang hilang. Biasanya kalau mobil sudah tua, nomor rangka bisa karatan atau bolong. Ini harus diperhatikan, khawatir susah dalam mengurus balik nama.

7. Periksa surat-surat kendaraan termasuk yang tertera di surat seperti nomor mobil, warna kendaraan, dan nama pemilik. 

Pastikan semuanya lengkap dan sesuai dengan apa yang tertera. Periksa atau tanyakan kepada penjual, tangan ke berapa kepemilikan mobil ini, pertama, kedua atau ketiga, atau lebih dari itu.

8. Periksa pajak kendaraan, hidup atau mati. 

Jika pajak hidup berarti oke, sedangkan jika mati, kita harus mengurusnya, menghidupkannya kembali atau membayar pajak kemudian ganti nama. Perhitungkan juga biaya balik nama, satu kota, atau berbeda kota atau provinsi.  

9. Periksa bodi mobil. 

Periksa bagian-bagian bawah, termasuk bawah karpet mobil, apakah sudah karatan, keropos atau belum, apakah bolong atau tidak. Tanya kepada pemilik apakah bodi mobil pernah dicat ulang atau belum. Jika ada bagian yang terlihat penyok, tanya kepada pemilik, apakah mobil pernah tabrakan atau tidak.

10. Tanyalah kepada penjual, kelemahan atau kerusakan yang ada pada mobil. 

Terutama kerusakan yang sering terjadi pada mobil agar kita lebih siap. Kerusakan kambuhan pada mobil terkadang membuat frustasi, apalagi sampai mogok di jalan. Namun jika kita bisa memperbaikinya itu menjadi sebuah prestasi.  

11. Perhitungkan kisaran biaya perbaikan mobil jika jadi dibeli, agar sesuai dengan kantong kita. 

Jangan sampai budget yang kita punya tidak mencukupi untuk biaya perbaikan, karena bisa menyebabkan mobil tidak nyaman dipakai atau malah tidak bisa dipakai.     

12. Tawar harga mobil dengan memperhatikan harga-harga yang ada di pasaran. 

Sesuaikan dengan merek, jenis, dan tahun pembuatan mobil. Bisa dilihat harga-harga mobil yang sama melalui internet atau koran. 

Menurut saya, membeli mobil bekas butuh kesabaran. Karena tentunya kita ingin mendapat yang terbaik. Terbaik dalam hal kondisi mobil masih bagus dan harga murah. Namun, pada faktanya tidak mudah. Namanya juga mobil bekas apalagi jika umurnya tua. Susah mendapatkan yang masih bagus, begitu pula dengan harga yang murah. Akan tetapi paling tidak keputusan membeli sudah melalui tahapan pemeriksaan seperti di atas, dan melalui perkiraan perhitungan biaya yang akan kita keluarkan nanti setelah jadi dibeli, agar mobil dapat melaju dan berfungsi dengan baik, nyaman dan aman di segala kondisi, terutama saat hujan ataupun saat macet. Semoga pada akhirnya kita mendapatkan mobil bekas yang berkualitas.

Sekian.

Ahmad Imam Satriya

/ahmadimam

TERVERIFIKASI

mencintai 4 wanita cantik Rizka, Adzra, Rania, dan Alida! Great minds discuss ideas, average minds discuss events, small minds discuss people - Elenaor Roosevelt Seorang guru di sebuah sekolah negeri. Pemerhati humaniora. Paling senang berada di tengah keluarga dan di dalam kelas belajar bersama siswa.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL otomotif

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana