Mohon tunggu...
Agustiana
Agustiana Mohon Tunggu... Marketing Executive -

Marketing Agen Properti di Rangkasbitung Lebak Banten. Menjual tanah, Rumah, Gudang, Ruko di sekitar Kabupaten Lebak Banten. Hub. 081807837312

Selanjutnya

Tutup

Politik

5000 Pucuk Senjata atau 500 Pucuk Senjata? Mana yang Benar?

25 September 2017   20:58 Diperbarui: 25 September 2017   23:26 2277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Belakangan ini kita dihebohkan oleh berita tentang pernyataan Panglima TNI kepada purnawirawan. Awalnya Panglima TNI, Gatot Nurmantyo (GN), di hadapan para purnawiratan TNI (antara lain hadir Try Sutrisno, Wiranto dan Prabowo Subianto) menyatakan bhw "ada pembelian 5.000 pucuk senjata (oleh seseorang berpangkat jenderal) dgn mencatut nama Presiden. Bila tdk menghentikan pembelian senjata itu maka dia akan buat orang itu 'merintih' bukan hanya menangis. Hanya Polri dan TNI yg boleh memiliki senjata. Dan pihak lain tdk boleh memiliki senjata yg bs menembak tank, kapal, bila itu ada maka kami sebagai bhayangkari Negara, akan menyerbunya!"

Kini muncul pernyataan dari Menkopolhukam, Wiranto, unttk "meluruskan" pernyataan Panglima TNI tersebut :

1) Benar bahwa ada pembelian 500 pucuk senjata hasil rakitan PINDAD Bandung utk kepentingan BIN (Badan Intelijen Negara, yang dipimpin Jenderal Pol. Budi Gunawan);

2) Pembelian senjata tersebut tidak memerlukan ijin khusus dari Presiden, Menhan atau Kapolri.

Atas pernyataan Wiranto itu timbul pernyataan :

1) Apakah "500 pucuk senjata" itu merupakan hal terpisah dari soal "5 000 pucuk senjata" yang dikatakan Jenderal Gatot? Atau memang soal "5.000 pucuk senjata" itu sesungguhnya tidak pernah ada?

2) Apakah Jenderal Gatot Normantyo telah menerima informasi yang menyesatkan dari bawahannya tentang beda angka antara "500" dgn "5.000" itu?

3) Apakah Jenderal tidak tahu tentang adanya aturan bahwa BIN boleh melakukan pengadaan senjata secara mandiri?

4) Atau jangan2 cerita soal "5.000 pucuk senjata" itu benar adanya. Namun untuk "menenangkan masyarakat" maka Wiranto perlu "mengcounter" pernyataan Jenderal dan mengorbankan Gatot?

Kebenaran itu (apalagi ini pembicaraan sudah di level para Jenderal) pasti TUNGGAL! Kemungkinan hanya dua alternatif yang benar itu : Jenderal Gatot Normantyo atau Menkopolhukam Wiranto!

Bila Gatot (Panglima TNI) yang benar maka harus dilakukan penyelidikan lebih lanjut tentang keberadaan (rencana) pengadaan "5.000 pucuk senjata" itu!!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun