Endorse Artis vs Endorse Selebgram, Lebih Suka Mana?

19 Juni 2017   11:39 Diperbarui: 19 Juni 2017   11:46 209 0 0
Endorse Artis vs Endorse Selebgram, Lebih Suka Mana?
endorse-selebgram-594756db16ce714abc694b82.jpg

Kreatifitas memang akan menciptakan peluang yang tiada habisnya. Salah satu yang dapat kita lihat adalah kreatifitas dalam memanfaatkan sosial media khususnya Instagram dalam meraup penghasilan. Instagram yang sejatinya berfungsi sebagai media untuk mengekspresikan diri lewat foto atau video, nyatanya beralih menjadi tempat untuk berpromosi bagi banyak brand dan online shop (sebelum ada profil bisnis Instagram). Selain itu, ada juga yang memanfaatkan Instagram sebagai ajang meraup penghasilan lewat sistem endorsement (endorse), entah endorse artis maupun endorse selebgram.

Endorse artis adalah salah satu cara favorit dalam beriklan. Hal ini saya ketahui saat masih aktif mengikuti salah satu managemen yang menangani seputar endorse artis. Walaupun artis banyak yang menetapkan tarif tinggi (berkisar jutaan sampai belasan juta rupiah sekali post), nyatanya kuota yang tersedia untuk beriklan laris manis, bahkan banyak yang kehabisan dan akhirnya managemen harus merefund uang pendaftaran dari online shop yang terlanjur masuk. Salah satu daya tariknya adalah perolehan omset setelah beriklan biasanya akan melesat tajam. Hal ini saya ketahui dari banyaknya testimonial yang ada.

Hal di atas tentunya terasa sangat menggiurkan untuk dicoba, tapi apa daya jika budget iklan kita pas-pasan? Tentunya harus berpikir untuk mencari alternatif lain, salah satunya adalah dengan mencoba endorse selebgram. Selebgram (istilah untuk menyebut non publik figur yang populer di Instagram) juga tak kalah laris digaet brand-brand ternama atau online shop untuk beriklan. Salah satu magnet terbesarnya adalah karena tarif yang dipatok selebgram biasanya jauh lebih murah dibanding artis, bahkan tak jarang yang tak mematok tarif alias gratis!


Ingin mencoba endorse artis atau endorse selebgram? Berikut ini kami rangkum kelebihan dan kekurangannya masing-masing, khusus untuk Anda.

  • Endorse Artis

Kelebihan:

Ditangani managemen profesional, endorse produk sudah pasti dilakukan

Meningkatkan kredibilitas (semacam: "Artis saja pakai, masa kamu enggak?")

Followers banyak (biasanya jutaan -- puluhan juta)

Hasil pada umumnya lebih cepat terlihat

Kekurangan:

Biaya mahal (jutaan - puluhan juta rupiah)

Adanya biaya tambahan untuk request caption, pose dll

Waktu tunggu posting lama (mingguan -- bulanan)

Lama iklan disimpan di akun Instagram artis yang bersangkutan bervariasi (harian -- bulanan, jarang yang disimpan selamanya)

  • Endorse Selebgram

Kelebihan endorse selebgram:

Biaya murah, bahkan tak jarang tanpa biaya alias gratis (cukup kirim produk saja)

Waktu tunggu posting singkat (biasanya cuma beberapa hari)

Lebih mudah untuk request caption, pose, hashtag dll

Banyak Selebgram yang menyimpan foto endorse selamanya di Instagram

Kekurangan endorse selebgram:

Tidak semua memakai managemen, rawan penipuan (pengalaman sudah kirim produk ternyata tidak diposting malah diblock)

Jumlah followers Selebgram umumnya tidak sebanyak artis

Rawan adanya followers non asli (followers non aktif / followers hasil beli)

Nah, begitulah perbedaan antara endorse artis dengan endorse selebgram. Namun, kelebihan dan kekurangan di atas tidak bersifat pasti ya. Semua kembali ke pihak artis atau selebgram masing-masing.

Jadi, lebih suka yang mana? Endorse artis atau endorse selebgram?


Salam,

Agenda Surabaya