HIGHLIGHT

Salah Satu kekuatan Indonesia Jika Berperang dengan Malaysia

27 Agustus 2010 09:16:00 Dibaca :
Salah Satu kekuatan Indonesia Jika Berperang dengan Malaysia

Iseng-iseng saya membuka thread debat blogger Indonesia-Malaysia. Seperti biasa, Isi forum tersebut adalah perdebatan sengit yang tak jelas ujung pangkalnya. Masing-masing saling menghujat negara lawan. Nasionalisme warga negara masing-masing sangat tinggi ternyata. Di salah satu perdebatan itu, seorang blogger Indonesia menulis bahwa Indonesia tidak pernah takut Malaysia, Karena Militer Indonesia Kuat. Koppasus Indonesia merupakan pasukan Elit terhebat ke-3 di Dunia. Blogger Malaysia panas ternyata, Ia membalas yang Intinya bahwa tak mungkin militer Indonesia bisa seperti Itu, dan mengatakan bahwa militer Indonesia tak lebih dari sekedar pecundang jika berhadapan dengan Malaysia. Lalu Blogger Indonesia yang lain mengatakan bahwa bodoh sekali orang Malaysia yang satu itu, apakah ia tak pernah membuka Internet, coba kalau ia membuka google  lalu ketik koppasus.. Saya tak melanjutkan membaca forum itu. Terus terang, saya rasa tak ada gunanya bagi saya. Karena hanya akan menambah kebencian pada masing-masing negara yang masih serumpun ini. Tak ada solusi apapun yang didapat. Yang ada mungkin hanya rasa puas, karena kebencian yang selama ini tertahan bisa tersalurkan. Saya malah tertarik dengan info yang memang baru kali ini saya dengar, Bahwa Koppasus merupakan pasukan elit terhebat ke-3 di Dunia. Saya pun lalu membuka google dan mengetik "Koppasus". Salah satu artikel yang saya temukan cukup membuat saya bangga sebagai warga negara Indonesia. Meski saya sendiri masih "kurang" percaya, namun saya rasa, ada baiknya rekan-rekan membacanya juga, supaya kebanggaan sebagai Orang Indonesia makin memuncah. Terlebih, di tengah-tengah memanasnya hubungan Indonesia-Malaysia saat ini. KOPASSUS - TOP ELITE SPECIAL FORCES IN THE WORLD

Discovery Channel Military edisi Tahun 2008 pernah membahas tentang pasukan khusus terbaik di dunia. Seluruh pasukan khusus didunia dinilai kinerjanya dengan parameter menurut pendapat dari berbagai pengamat bidang militer dan ahli sejarah. Posisi pertama di tempati SAS (Inggris), peringkat kedua MOSSAD (ISRAEL) lalu peringkat ketiga adalah KOPASUS (Indonesia).Narator dari Discovery Channel Military menjelaskan mengapa pasukan khusus dari amerika tidak masuk peringkat terhormat. Itu karena mereka terlalu bergantung pada peralatan yang mengusung teknologi super canggih, akurat dan serba digital. Pasukan khusus yang hebat adalah pasukan yang mampu mencapai kualitas sempurna dalam hal kemampuan individu. Termasuk didalamnya kemampuan bela diri, bertahan hidup, kamuflase, strategi, daya tahan, gerilya, membuat perangkap, dan lain2nya. Kemampuan yang tidak terlalu mengandalkan teknologi canggih dan Skill di atas rata - pasukan luar Elit luar negeri lainnya menjadi nilai plus dari KOPASSUS.Itu pula yang menimbulkan anggapan 1 prajurit KOPASSUS setara dengan 5 prajurit reguler

Mungkin karena itu pula kenapa sekitar Tahun 90-an Amerika Serikat keberatan dan Australia ketakutan ketika Indonesia akan memperbesar jumlah anggota Kopassus.

Sniper Kopasus

Pasukan Infanteri Kopasus

Sebagian Kecil prestasi dan Kiprah Kopassus

1. Kopasus juga juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad! Nomor 2-nya SAS Australia 2. Kopasus menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen - pergerakan - penyusupan - penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA. 3. Negara-negara afrika utara hingga barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira Kopasus 4. Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang di latih oleh Kopassus 5. Pada perang Vietnam , para tentara Vietkong meniru strategy KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika serikat malu di mata dunia.

Semoga apa yang saya sampaikan bisa makin menambah Nasionalisme rekan-rekan sekalian. Namun yang perlu diingat adalah perang merupakan solusi terakhir. Dan saya rasa, masih amat sangat banyak solusi yang menguntungkan masing-masing negara. Bagaimanapun, hubungan baik antar tetangga haruslah tetap terbina dengan baik. Karena untuk perang pastilah perlu Dana yang tidak sedikit. Salam.

Sumber Artikel : http://beritabaikdariindonesia.blogspot.com/2009/08/koppasus-pasukan-elite-terhebat-ketiga.html

Adi Yuza

/adiyuza

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Orang biasa yang suka menulis.
mau berhubungan:
#twitter: @adiyuza

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?