Aplikasi Resmi Kompas Beresiko Menurut McAfee di Android

5 April 2013   19:21 Diperbarui: 24 Juni 2015   15:40 953 2 3
Aplikasi Resmi Kompas Beresiko Menurut McAfee di Android
13671696871327949957

[caption id="attachment_257734" align="aligncenter" width="564" caption="Sumber Gambar: http://www.siegelgale.com/case_study/mcafee/"][/caption]

Saya adalah salah seorang pengguna tablet Android yang hobi membaca berita dari berbagai aplikasi online dari banyak website portal berita termasuk Kompas. Namun sayangnya saya saat ini tidak berani memasang aplikasi Kompas di Android saya.

Untuk menjaga perangkat saya dari virus, malware dll yang berpotensi merusak perangkat, saya menggunakan aplikasi keamanan berbayar yaitu McAfee Mobile Security. Pada saat saya memasang aplikasi Kompas, tiba-tiba saja McAfee memberikan peringatan tanda silang dengan keterangan aplikasi Kompas itu beresiko karena dapat mengakses situs http://tweetphotoapi.com/api/upload.aspx dan McAfee menyarankan untuk melakukan pencopotan pemasangan. Saya pun melakukan pencopotan pemasangan demi keamanan perangkat.

Saya tidak tahu kalau menggunakan aplikasi keamanan lain hasilnya sama. Namun McAfee Mobile Security adalah salah satu aplikasi keamanan berbayar yang banyak digunakan. Karena itulah saya membuat artikel ini sebagai masukan kepada pihak pengelola aplikasi Kompas agar segera ditindaklanjuti agar ke depan tidak terjadi lagi orang tidak jadi memasang aplikasi Kompas karena saran dari aplikasi keamanan seperti McAfee. Saran saya, pengelola perlu mencoba menggunakan McAfee Mobile Security di Android lalu memasang aplikasi Kompas dan melihat sendiri respon McAfee. Setelah itu, pengelola perlu melakukan perbaikan dan update atas aplikasi tersebut.

Aplikasi Kompas di Google Play Store kan tertera sebagai aplikasi resmi Kompas. Justru malah aplikasi Kompasiana besutan Bobby Ertanto yang tertera Unofficial dinyatakan bersih oleh McAfee. Semoga masukan yang saya berikan pada hari Jumat, 5 April 2013 ini bisa segera diterima oleh pihak pengelola aplikasi Kompas dan bisa segera disikapi untuk menghindari berbagai kemungkinan yang buruk untuk aplikasi maupun pengguna.

Hikmah yang bisa kita ambil, di tengah-tengah kondisi virus, malware, phishing dll yang penyebarannya sangat pesat belakangan ini, bagi kita para pengguna Android disarankan untuk sedikit berkorban mengeluarkan uang membeli dan memasang aplikasi keamanan berbagai di perangkat Android kita untuk mengantisipasi kerusakan ataupun kerugian yang bisa saja terjadi karena faktor keamanan. Antivirus biasa dan gratisan tidak cukup lengkap fiturnya untuk menangkal semua itu. Apalagi Android saat ini sedang menjadi sistem operasi smartphone juga tablet PC nomor 1 dunia yang secara otomatis para penjahat cyber cenderung konsentrasi menyerang ke perangkat-perangkat berbasis OS Android.

Aplikasi keamanan bukan hanya McAfee saja. Ada dari Norton, Kaspersky, AVG dll. Tinggal Anda memilihnya sendiri mana yang terbaik menurut Anda. Untuk menentukan mana aplikasi keamanan yang terbaik, kita bisa menyimak pendapat para pakar keamanan internet yang biasanya ada di pemberitaan media juga. Saya sendiri memilih McAfee karena saya pernah membaca di salah satu pemberitaan bahwa para pakar di dunia yang tergabung dalam suatu lembaga khusus menyatakan bahwa McAfee berada di urutan nomor 1 dari segi implementasi. Lagipula tampilan antarmukanya bisa menggunakan Bahasa Indonesia sehingga mempermudah saya yang belum bagus Bahasa Inggrisnya. Hehehe. Ditunggu perbaikan dan update aplikasi Kompas dari pihak pengelolanya. Semoga bermanfaat. Salam.