Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Biar Nyaman Bersepeda di Jalan Umum

9 September 2018   10:09 Diperbarui: 9 September 2018   10:09 608
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto: https://bikeleague.org

Sebelum mengendarai sepeda di jalan umum, saya sering merasa "waswas". Maklum, perjalanan di jalan umum berbeda dengan perjalanan di rute khusus sepeda. Kondisi di jalan umum jauh lebih sulit ditebak. Kita enggak bisa memprediksi kondisi di jalan, sebab semuanya mungkin saja terjadi: ban bocor, kena macet, atau bahkan diserempet angkot!

Semua itu ialah "risiko" yang mesti diketahui kalau kita memilih menggowes sepeda di jalan umum, alih-alih mengambil jalur khusus sepeda, yang jalanannya lebih mulus, lebih lancar, dan lebih nyaman. Makanya, sebelum bersepeda, biasanya saya melakukan persiapan tertentu. Persiapan itu penting agar saya bisa meminimalkan "risiko" tersebut.

Ada sejumlah persiapan yang saya lakukan. Satu di antaranya ialah menyiapkan air minum. Bagi saya, ketersediaan air minum di jalan itu penting. Dengan membawanya, saya bisa terhindar dari dehidrasi, dan pemborosan yang sebetulnya enggak perlu karena mesti beli air minun di jalan, yang harganya tentu lebih mahal.

Stok air minum pun disesuaikan dengan rute yang diambil. Semakin jauh rutenya, semakin banyak stok air yang mesti disiapkan. Oleh karena mengambil rute pendek, biasanya saya menyiapkan botol air mini, yang ringan dibawa.

Kalau dalam perjalanan, saya merasa sedikit haus, saya akan menepikan sepeda, dan mereguk cukup air, hingga rasa haus hilang, sebelum saya lanjut menggowes sepeda lagi. Berkat itu, tubuh saya merasa nyaman sepanjang jalan, dan kegiatan bersepeda tetap berlangsung menyenangkan.

Selanjutnya, saya juga memeriksa kondisi sepeda terlebih dulu. Saya mesti memastikan bahwa semuanya oke. Ban cukup udara. Rem berfungsi baik. Semua itu perlu dilakukan untuk meminimalkan kerusakan yang mungkin terjadi.

Siapa yang mau mendorong-dorong sepeda karena ban ternyata kempes akibat pemiliknya lupa mengecek tekanannya? Siapa pula yang ingin mengalami kecelakaan akibat pemiliknya malas memeriksa sistem pengereman yang ternyata sudah rusak?

Kalau sudah terjadi demikian, alih-alih mendatangkan kesehatan, aktivitas bersepeda justru akan menimbulkan penderitaan! Makanya, sebelum kita menyusuri jalan raya, sebaiknya pastikan dulu sepeda layak dipakai.

Selain itu, bawa juga barang penting lainnya, seperti uang tunai dan smartphone, sekadar untuk berjaga-jaga. Uang dipakai manakala kita tiba-tiba butuh beli ini-itu di jalan. Sementara, smartphone bisa digunakan untuk mengukur aktivitas lewat aplikasi, menyetel musik di perjalanan, atau mendokumentasikan perjananan untuk disiarkan di medsos. Hahahaha.

Berikutnya, setelah semuanya aman, barulah saya pergi bersepeda. Aktivitas itu dilakukan sesantai mungkin. Makanya, saya jadi menikmati setiap gowesan yang saya lakukan, membakar setiap lemak seefektif mungkin, dan mengamati situasi sepanjang perjalanan. Walaupun untuk itu, saya bisa menghabiskan waktu setelah jam lebih, kegiatan itu ibarat "meditasi" yang menenangkan dan saya sungguh menyukainya.

Untuk keamanan, gunakanlah gestur pada saat akan berbelok. Sebab, Anda tahu sendiri lah perilaku berkendara orang Indonesia, khususnya pengendara sepeda motor. Makanya, sewaktu akan menikung, saya biasanya membentangkan tangan, hanya untuk memberi "sinyal" kepada kendaraan di belakang saya bahwa saya ingin belok. Sejauh ini, cara itu jauh lebih "manjur" dan "aman" untuk menghindari tabrakan, alih-alih saya enggak memberi "sinyal" sama sekali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun