Waktu Kerja yang Seimbang

04 April 2013 09:16:43 Diperbarui: 24 Juni 2015 15:45:35 Dibaca : Komentar : Nilai :

Pertama kali saya bekerja sebagai engineer di sebuah perusahaan asing dibidang project management consultant , sering menjumpai rekan-2 yang bekerja nyaris 14 jam sehari, 6 hari dalam seminggu.Merekamelakukan hal tersebut karena harus menyelesaikan design engineering dan dikejar oleh schedule.



Sebagian dari mereka melaksanakan itu hanyalah bersifat sewaktu-waktu saja,namun ada yang menjalani jam-jam panjang dalam hari-harimereka dan selama bertahun-tahun.
Entah karena orang-orang ini merasa telah mengabdikan diri sepenuhnya kepada pekerjaan, atau bisa juga disebut workaholic.

Bekerjamelebihi dari jam kerja yang sebenarnya dalam rentang waktu yang lama, bisa menimbulkan potensi yang cukup besar bagi yangmenjalaninya dan tidak jarang membuat kesalahan.



Setelah saya amati cukup lama,akhirnya saya membuat sebuah kesimpulan bahwa rekan-rekan yang saya kenal sering bekerja lembur, ternyata sering membuat kesalahan kecil namun berakibat fatal.


Itu terjadi karenafaktor kelelahan dan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan itu tentu saja membutuhkan dana,waktu dan tenaga yang tidak sedikit, disamping adanya claim backcharge dari pihak pemilik project.




Masalah lain adalah rekan-2 yang bekerja melebihi jam kerja itu ternyata sangat sensitip sekali,mereka menjadi mudah tersinggung serta mudah marah. Sehingga kadang menimbulkan friksi yang tidak sehat.

Perilaku karyawan semacam itu tentunya merupakan masalah untuk perusahaan.


Hasil positip akan dicapai oleh sebuah perusahaan apabila ada jalinan harmonis dan kerjasama yang baik antara karyawan, bukannya bekerja sendiri-sendiri atau individu.



Saat saya mendapatkan promosi sebagai manajer di tahun 1981,langkah pertama dan terpenting saya adalah memberi contoh datang kekantor lebih pagi dan pulang ke rumah tepat waktu.

Sebelum memulai aktivitas,seluruh staff saya kumpulkan sekitar 10 menit,breifing kecil dan membuat summary tugas masing-2 dan setelah itu berdoa bersama,breifing saya usahakan dipimpin bergiliran,sambil menjajagi potensi dari masing-2 individu di team saya,tidak ada senioritas.



Saya sering disindir oleh manajer lain yang kadang pulang jam 11 malam,sindirannya menjadi kehilanganmakna ketika saya buktikan,bahwa team work saya ternyata mampu menyelesaikan project enam bulan lebih cepat dari overall project schedule.

Banyak hal yang saya lakukan,mengoptimalkan waktu dan job description yang jelas kepada setiap pengawas,dan langkah terpenting adalah memberi contoh dengan saya melakukannya sendiri,saya tidak menganggap para staff itu bawahan,namun saya rangkul sebagai teman sekerja.



Langkah kedua adalah mengajak teman-2 tadi untuk menjalani hidup yang seimbang. Sebagai contoh, ini adalah langkah-langkahyang menurut saya cukup membantu:

Bekerja dengan penuh tanggung jawab selama 8 atau 9 jam sehari,dan jangan menunda pekerjaan.

Langkah saya yang lain adalah selalu membuat milestone atau acuan target untuk team work,semisalmengerjakan langkah 1,2, 3, 4, dan 5 akan memungkinkan langkah 2 dilakukansecara efektif dan seimbang. Dengan membuat milestone saya mampu mengantipasi adanya constraint  dan backlog.

Bekerja secara normal dan menjalankan ibadah serta mempertahankan hidup yang seimbang adalah konsep yang sederhana.



Sebenarnya langkah-langkah ini memungkinkan untuk dilakukan oleh setiap orang, karena kita memiliki kekuatan untuk memilihapa yang akan kita lakukan.

Dengan menjaga keseimbangan emosi,kita akan mendapatkan:
kesegaran jiwa dan rohani,lebih produktif.


Dan yang terpeting adalah tidak akan kehilangan momen berharga dalam kehidupan bersama keluarga,waktu kita tidak tersita oleh tugas dan pekerjaan saja.

Adi Sumanto

/adi.suamnto

Saya adalah pensiunan dan saat ini masih aktip sebgai konsultan dibidang design dan engineering untuk infrastrukture
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article