HEADLINE

Inilah Hobi Beberapa Pemimpin Dunia, Momentumnya Tepat

01 November 2011 17:06:03 Dibaca :

Pemimpin negara di dunia,baik sebagai Perdana Menteri, Raja atau Presiden adalah manusia. Secara manusiawi keinginan melakukan sesuatu kesukaannya atau hobi adalah kodrat manusia. Sesibuk apapun seorang manusia pasti masih sempat melakukan apa saja yang menjadi hobinya mulai dari yang unik, ganjil maupun yang menarik. Tak perduli bermanfaat bagi dirinya (apalagi untuk orang lain -red) ataupun tidak.

Menarik bagi kita untuk mengintip beberapa hobi kepala negara belahan dunia lain baik yang masih hidup maupun yang sudah almarhum. Tujuannya untuk mengukur apa dan bagaimana persepsi mereka tentang penting atau tidak penting menyalurkan hobinya dalam kapasitas sebagai kepala negara. Apakah setelah menjadi kepala atau sedang menjadi kepala negara lantas hobinya harus dihilangkan atau dikurangi atau bahkan jaim (jaga image) agar terkesan wibawa. Perlukah seperti itu?

Apapun pandangan dan pendapat kita mari bandingkan hobi beberapa kepala negara berikut ini :

  1. Ratu Elizabeth II, punya hobi mengumpulkan perangko. Meskipun beliau tidak terlibat langsung di sana karena mempekerjakan seorang staf untuk mengoleksi dan merawatnya, tapi beliau punya waktu yang luang untuk melihat-lihat koleksinya tersebut.
  2. Selain itu, beberapa kepala negara dan Raja lainnya yang punya hobi yang sama  dengan di atas antara lain adalah: Mantan Presiden AS, Franklin D Roosevelt (FDR).  Raja Inggris, Gorege V; Raja Farouk dari Mesir; Tsar Nicholas II dari Rusia; Pangeran Rainer III dari Monaco dan Raja Carol II dari Rumania.
  3. Presiden Perancis, Nicolas Sarkozy juga hobi mengumpulkan perangko seperti Ratu Elizabeth II. Bahkan Sarkozy sangat tertarik dengan pemberian perangko dari Ratu Elizabeth II berupa perangko khusus untuk Perancis, "Seratus Tahun Entente Cordiale" yang dikeluarkan oleh Royal Mail tahun 2004. Selain dari ratu Elizabeth ia juga mendapat satu set koleksi perangko dari Arnold Schwarzenegger, mantan Gubernur California, AS.
  4. Mantan Perdana Menteri Inggris Margareth Tatcher (rev) memiliki hobi menonton opera.
  5. Perdana Menteri Rusia saat ini (mantan Presiden Rusia) Vladimir Putin mempunyai hobi melukis.
  6. Mantan Presiden AS London B Jhonson memiliki hobi yang lebih eksentrik, balap mobil, ngebut dalam keadaan mabuk. Selain itu ia juga hobi balapan kuda dan judi.
  7. Presiden AS ke 42 Bill Clinton juga memiliki hobi unik, yaitu meniupkan Saksofon, biliar dan mengisi teka-teki silang.
  8. Mantan Presiden AS lainnya, Thomas Jeferson memiliki hobi bidang arkeologi, memasak dan berenang tanpa busana.
  9. Mantan pemimpin Nazi Jerman, Aldolf Hitler mempunyai hobi melukis sketsa tokoh-tokoh dalam kartun Walt Disney.
  10. Saddam Husein mantan pemimpin Irak yang dikenal dunia barat amat kejam dan bengis, ternyata ia punya naluri yang amat melankolis. Ia adalah penulis novel cinta yang amat romantis.
  11. Jospeh Stalin, mantan diktator Rusia, punya hobi melukis pria telanjang.
  12. Kim Jong II, pemimpin Korea Utara, memiliki hobi bermain basket. Ternyata pemain favorite nya adalah pemain basket dari AS yaitu Michael Jordan..!
  13. Mao Zedong, mantan pemimpin China, punya hobi naik kereta ditarik kuda dari kota ke kota.
  14. Bennito Musollini mantan diktator Italia, punya hobbi menulis buku perjuangan, mengajar dan -maaf- termasuk menggoda gadis-gadis jelita.
  15. Mantan Presiden AS Gorge W Bush memiliki hobi Joging dan memancing.
  16. Presiden AS ke 44 sekarang, Barrack Obama memiliki hobi memasak, basket dan dansa.
  17. Mantan Presiden Soekarno sendiri punya hobi yang unik yaitu  nonton filem sampai punya ruangan khusus menonton di istana presiden. Salah satu bintang favoritenya adalah Marilyn Monroe yang akhirnya dapat bertemu langsung saat kunjungannya ke AS tahun 1956. Selain hobi tersebut, presiden Soekarno ternayta punya kesukaan berteriak dalam pertemuan di tempat umum atau dalam pidato-pidato umumnya. Selain itu beliau juga punya hobi bermain gitar dalam grup band nya.
  18. Mantan Presiden Soeharto mempunyai hobi berternak sapi. Akan tetapi hobi lainnya yang tak kalah hebat adalah memancing dan menembak. Dalam masalah memancing ini bahkan pernah ada anekdot "marinir di bawah kapal pancing pak harto" tentang bagaimana caranya agar hasil pancingan pak Harto mendapatkan ikan yang mantap dan menarik senyuman pak Harto. Terhadap hal ini ternyata tidak benar anekdot tersebut.
  19. Mantan Presiden Megawati Sukarno Putri, biarpun sekarang bodinya melar luar biasa ternyata dahulu punya hobi menari. Keahliannya itu sering dipertunjukkan pada tamu negara yang berkunjung ke Istana Presiden saat ayah beliau menjabat sebagai presiden RI pertama. Selain itu, ibu Mega saat ini punya hobi nonton Sepakbola (tentu yang selektif). Selain itu ibu Megawati juga ternyata pandai memasak. Tapi menurut "orang-orang" ternyata ibu Mega juga punya hobi agak langka, yaitu suka  "Ngambek.." he..he..he..
  20. Mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) punya hobi yang bagus-bagus dan menarik seperti memberi ceramah. Akan tetapi beliau  juga punya hobi agak aneh yaitu tidur di manapun dan kapanpun, tak peduli situasi dan kondisi. Selain itu, Gus Dur juga punya hobi bercanda hingga orang  tertawa akibat guyonannya.
  21. Mantan Presiden BJ Habibie, ternyata mempunyai hobi mengumpulkan prototipe jenis pesawat apapun. Ia juga hobi menerbangkan pesawat mainan (aero modelling) berbagai jenis. Tentu saja hobinya yang lain adalah membaca buku tentang IPTEK.

Tentu masih banyak lagi hobi kepala negara baik yang masih aktif dan pensiun atau bahkan sudah almarhum yang unik-unik dan menarik serta nyentrik. Semuanya tidak akan muat dibahas satu persatu dalam tulisan ini. Yang jelas apapun model dan jenis hobi mereka dapat mencerminkan siapakah mereka sebetulnya. Mereka semua tidak mengurangi hobinya untuk menjaga citra atau image. Tapi yang mereka lakukan adalah menjaga momentum terhadap hobi mereka pada waktu yang tepat.

Tapi apakah ada yang tahu apa hobi presiden SBY? penulis sendiri sampai kini TIDAK tahu apa hobi presiden SBY. Apakah karena beliau teramat sibuk memikirkan perkembangan dan dinamika politik dan keamanan serta masalah masalah hukum dan sosial negeri ini  yang sedang acak adul sehingga kita tidak diketahui apa hobi beliau sebetulnya?

Hobi apa saja adalah hak manusia dan itu sangat manusiawi. Tapi sebaiknya dilakukan pada saat yang pas dan tepat. Mungkin secara tertutup (pada saat yang kurang sedap)  bolehlah menyalurkan bakat, misalnya karaoke atau bermain gitar di rumah sesama keluarga dan tertutup untuk mengusir kejenuhan atau menekan stres. Akan tetapi memperlihatkan hobi yang kontra produktif secara terbuka (pada umum) pada saat yang kurang tepat, rasa-rasanya tidak akan dilakukan oleh sekelas pemimpin negara manapun sekejam atau sebrutal apapun ia. Termasuk juga pasti tidak akan diperlihatkan oleh presiden kita  saat ini, Soesilo Bambang Yudhoyono.

Anda sendiri hobinya apa? Tak perlu menekan apalagi membuang hobi Anda hanya untuk menjaga image. Apapun jenisnya yang penting hobi yang diperlihatkan kepada UMUM sebaiknya  lihat momen dan timing  (momentum) yang tepat, bukan? he..he..he...

Salam Kompasiana

abanggeutanyo

Abanggeutanyo

/abanggeutanyo

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Pengamat itu : Mengamati dan Diamati
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?