Mohon tunggu...
Ire Rosana Ullail
Ire Rosana Ullail Mohon Tunggu... Administrasi - irero

Content Writer | Sosial Budaya | Travel | Humaniora | Lifestyle | Bisnis | Sastra | Book Sniffer | Bibliophile | Bibliomania | Tsundoku | email : irerosana@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Pandemi Menjauhkan yang Dekat, Mendekatkan yang Jauh

1 Mei 2020   21:46 Diperbarui: 1 Mei 2020   22:12 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Berbagai upaya penjauhan telah dilakukan pemerintah mulai dari himbauan physical distancing, anjuran WFH, pelarangan mudik hingga yang terbaru PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Semua itu dilakukan dalam rangka mencegah penyebaran covid 19 yang semakin luas.

Dalam 2 bulan hidup masyarakat kita seketika berubah, apa-apa dilakukan melalui daring. Kerja, sekolah, silaturahmi bahkan belanja pun lewat daring. Pandemi ini memang telah menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh. Yang dulunya berkumpul di tempat kerja, di rumah saudara, di kampus dan sekolahan, kini hanya bisa berkumpul dari berbagai macam platform dan aplikasi seperti zoom, whatsapp, google hangouts, skype dan lain-lain.

Di bulan ramadan kali ini, kebutuhan untuk menjaga silaturahmi baik dengan sesama rekan kerja maupun keluarga juga meningkat drastis. Adanya larangan mudik juga menyebabkan kebutuhan akan aplikasi massal menjadi sangat tinggi. Tentunya kita ingin seusai salat Id bermaaf-maafan dengan seluruh anggota keluarga yang ada di banyak kota.

Banyaknya aplikasi video conference tidak hanya memudahkan tapi juga menuntut kita harus lebih jeli dalam memilah dan memilih. Tentunya kita semua ingin pekerjaan serta silaturahmi dengan rekan kerja maupun sanak keluarga lancar tanpa suatu kendala apapun, bukan?

Sayangnya, pada kenyataannya keterbatasan jarak acapkali membuat komunikasi menjadi tidak lancar alias terkendala. Dalam hal ini dibutuhkan strategi dalam memilih metode komunikasi serta aplikasi yang tepat. Adapun hal-hal yang perlu diperhatikan  dan dapat dijadikan pertimbangan antara lain;

Memilih sesuai kebutuhan

Masing-masing aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan, oleh karena itu kita harus pandai-pandai memilih sesuai kebutuhan. Untuk bisa memilih terlebih dahulu kita harus tahu mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing aplikasi.

Contoh jika kita butuh untuk berkomunikasi sampai dengan 50an orang maka bisa dipilih aplikasi Zoom. Sementara jika terbatas dengan beberapa orang saja (kurang dari 8 orang) maka cukup menggunakan whatsapp video conference. Sedangkan untuk kamu dan gebetan cukup kode-kodean lewat insta story aja yak!

Jika butuh yang simpel dan cepat juga bisa memilih whatsapp karena aplikasi ini memang sejuta umat alias setiap orang memilikinya sementara jika memilih zoom harus meng-install terlebih dahulu.

Untuk kebutuhan teleconference yang sangat buuaanyak sekali kita bisa mempertimbangkan untuk memakai google hangouts yang kapasitasnya bisa mencapai hingga kurang lebih 250an orang. Duh banyak sekali ya, sepertinya fitur ini memang biasa digunakan untuk seminar atau kuliah online yang pesertanya sangat banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun