Mohon tunggu...
Ronald Wijaya
Ronald Wijaya Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Kemoterapi Berdampak Buruk bagi Penderita Kanker?

24 September 2017   17:35 Diperbarui: 25 September 2017   14:02 5715
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Hai para pembaca, di dalam artikel ini memuat jawaban mengenai dampak kemoterapi terhadap kanker. Sebelum masuk dalam pembahasan, alangkah baiknya kita mengulang dan membaca dasar teori terlebih dahulu. Artikel ini didasarkan oleh sebuah pertanyaan Sejauh manakah anda setuju bahwa kemoterapi lebih berdampak negatif  daripada positif untuk penyembuhan kanker? "

Apa Itu Kemoterapi?

Kemoterapi adalah suatu cara untuk mengobati penyakit menggunakan zat kimia. Dapat dilakukan/ diberikaan secara oral atau melalui aliran darah (suntikan / infus). Lebih lengkapnya lagi cara kemoterapi dapat dilakukan dengan berbagai cara yaitu Topikal, Oral,Suntik,  Intraperitoneal, Intra -- arteri, Intravenous. Pengobatan ini dapat dilakkukan selama rawat inap di rumah sakit atau klinik, meski kemoterapi juga dapat dilakukan di rumah. Namun, proses kemoterapi itu harus tetap diawasi dokter untuk mengamati adanya efek samping dan gejalanya, dan mungkin bisa ada keputusan untuk mengganti kemoterapi tersebut dengan obat -- obatan saja.

Kemoterapi digolongkan menjadi 4, yaitu kemoterapi kuratif, adjuvan , neoadjuvan,dan paliatif. Kemoterapi kuratif adalah pengobatan kemoterapi yang ditujukan untuk membasmi serta menghancurkan semua sel kanker yang ada di dalam tubuh.  Kemoterapi adjuvan biasa dilakukan setelah melakukan pengobatan kanker lainnya, seperti operasi atau radiasi. kemoterapi yang diberikan pada pasien sebelum mereka melakukan pengobatan lain adalah kemoterapi neoadjuvan. Kemoterapi paliatif merupakan jenis kemoterapi yang diberikan pada pasien yang mengalami kanker dengan stadium lanjut

Apa itu kanker?

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker. Dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian.

Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan yang tidak normal atau abnormal. Tumor dibagi menjadi 2 golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Tumor jinak pun bisa menjadi tumor ganas setelah dioperasi.

Kanker dapat menimpa semua orang, pada setiap bagian tubuh, dan pada semua gologan umur, namun lebih sering menimpa orang yang berusia 40 tahun.

Umumnya sebelum kanker meluas atau merusak jaringan di sekitarnya, penderita tidak merasakan adanya gejala.

  • Manfaat dan efek samping dari kemoterapi

Tergantung kepada jenis kanker dan sudah sampai di stadium tertentu, kemoterapi dapat bermanfaat untuk:

Meringankan gejala.Kemoterapi dapat memperkecil tumor yang mengakibatkan rasa sakit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun