Mohon tunggu...
Edi Abdullah
Edi Abdullah Mohon Tunggu... Administrasi - Bekerja Sebagai Widyaiswara Pada Lembaga Administrasi Negara RI

RIWAYAT PEKERJAAN.\r\n1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.\r\n2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.\r\n3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.\r\n4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1. \r\n6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.\r\n7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG\r\n.\r\nPENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAnG HUKUM LAN MAKASSAR\r\n\r\nKARYA ILMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA,merobek demokrasi\r\nFROM PINRANG TO MAKASSAR\r\n\r\

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Sisi Lain Kepemimpinan Lee Kuan Yew

23 Maret 2015   13:05 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:13 445
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Lee Kuan Yew akhirnya telah pergi dan tutup usia namun namanya tetap akan dikenang rakyat Singapura bahkan dunia ,dan melihat kepergian mantan pemimpin hebat singapura tersebut yg berhasil mengubah waja singapura dari negera Miskin dan terbelakangmenjadi Negara maju, makarakyat dan bangsa singapura menyatakan berkabung selama 7 hari atas kepergian Lee Kuan Yew.

Entah sebuah impian atau tidak namun Lee Kuan Yew sukses menjadi pemimpin terhebat singapura ,karir Lee Kuan Yew dimulai dari bawah ketika pada saat itu dia hanya bekerja sebagai penjual lem dari tepung Tapioka kemudian melanjutkan mengambil pendidikannya di Fitzwilliam College inggris. Dan kembali kesingapura menjadi advokat tahun 1949.

Dan singkat cerita pada tahun 1959 untuk pertama kalinya Lee Kuan Yew terpilih menjadi perdana menteri singapura melalui partai yg didirikannya yaitu Parta Aksi rakyat (PAP)

Selama menjadi perdana menteri singapura Lee Kuan Yew sukses membuat negara singapura menjadi negara maju dikawasam Assean hanya dalam waktu kuranglebih 31 tahun kepemimpinannya yang dimulai dari tahun 1959-1990.

Dan kini singapura menjadi negara yg begitu maju yg dampaknya tak diragukan lagi diberbagai bidang misalnya dibidang pendidikan banyak WNI yang sengaja berangkat kesingapura untuk menempuh pendidikan dinegara tersebut karena menganggap kemauan pendidikan disingapura paling bagus dikawasan asia.

Dibidang medis misalnya ribuan WNI mengharapkan kesembuhan dengan berangkat kesingapura untuk mendapatkan perawatan medis dinegara tersebut karena dianggap pelayanan kesehatan di singapura sangat bagus dan peralatan medisnya sangat lengkap.

Demikianlah kehebatan Lee Kuan Yew dalam menahkodai singapura dengan sikap ketegasannya dan sangat membatasi media massa untuk membentuk dan mempengaruhi opini masyarakat sehinggah warga disana sangat mentaati perintah pemimpinnya.dan jauh dari pembentukan opini publik yg bisa membuat warga masyarakat membenci pemimpinnya

Bahkan Lee Kuan Yew pernah mengatakan sumber daya alam terbesar singapura adalah rakyatnya sendiri ,memang tak bisa dipungkiri luas singapura hanya seperti kota Jakarta dan tidak memiliki Sumber daya alam yg besar namun hebatnya ditangan Lee Kuan Yew singapura disulap menjadi negara bisnis terbesar dikawasan assean.

Lee Kuan Yew juga perna berpesan bahwa sebenarnya dia lebih menyukai ditakuti rakyatnnya daripada dicintai rakyatnya ,kenapa demikian karena lee beranggapan bahwa jika rakyat tunduk kepada pemerinta dan takut maka hukum bisa ditegakkan dan negara akan semakin menjadi kuat dalam segala hal.

Dan akhirnya hal ini terbukti dimana pada saat ini singapura menjaadi negara maju dan hebat dikawasa assean jauh meninggalkan negara-negara lainnya yg kaya akan Sumber daya alam .demimianlah lee sangat menekanakan pembatasan penyampaian pendapat dan kebebasan pers demi menjadikan negara menjadi kuat .

Salam kompasianer

Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun