Berpacu dengan Waktu Mencari Black Box Atau Kotak Hitam Pesawat MAS MH 370

19 Maret 2014 20:58:19 Dibaca :
Berpacu dengan Waktu Mencari Black Box Atau Kotak Hitam Pesawat MAS MH 370

foto edi abdullah

Pencarian pesawat MAS MH 370 berlanjut namun hinggah memasuki hari ke 12 jejak keberadaan pesawat MH 370 belum ditemukan bahkan hampir 30 negara telah dilibatkan untuk mencari keberadaan peswat tersebut termasuk mengarahkan melibatkan berbagai satelit canggih untuk menditeksi jejak terbangnya namun belum membuahkan hasil.

dan berbagai spekulasi hilangnya pesawat MH 370 bermunculan ke publik mulai dari pembajakan , bunuh diri pilot dll, namun untuk mengetahui secara pasti penyebab jatuhnya pesawat atau kecelakaan pesawat maka secara ilmiah hal itu bisa dipelajari dari sebuat alat yg ada pada pesawat yg biasa disebut Black box atau kotak hitam.

Menurut Wikipedia Kotak hitam atau black box pada umunya adalah sekumpulan alat perekam data penerbangan (flight data recorder; FDR) dan perekam suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR) dalam pesawat terbang.

Fungsi dari kotak hitam sendiri adalah untuk merekam pembicaraan antara pilot dan pemandu lalu lintas udara atau air traffic control (ATC) serta untuk mengetahui tekanan udara dan kondisi cuaca selama penerbangan. Walaupun dinamakan kotak hitam tetapi sesungguhnya kotak tersebut tidak berwarna hitam melainkan berwarna jingga (oranye). Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan pencarian jika pesawat itu mengalami kecelakaan .

Black box terdiri atas dua bagian utama, yaitu

Flight Data Recorder (FDR) dan Cockpit Voice Recorder(CVR). FDR berfumngsi menyimpan parameter-parameter teknis penerbangan. seperti a percepatan pesawat (acceleration), kecepatan pesawat (airspeed), ketinggian pesawat (altitude), pengaturan sirip (flap settings), suhu udara di luar pesawat (outside air temperature), suhu dan tekanan di dalam kabin (cabin temperature and pressure), kinerja mesin (engine performance).

sedangkan CVR atau Cockpit Voice Recorder memiliki fungsi untuk menyimpan seluruh suara yang dihasilkan di ruangan cockpit. Dengan kata lain, data yang terdapat di dalam CVR merupakan rekaman suara.

Namun satu hal yg menjadi masalalah pada saat ini adalah kemampuan baaterai karna kemampuan baterei black box ini hanya mampu bertahan selama 30 hari sedangkan dan hinggah hari ini pesawat Malaysia air line MH 370 sudah memasuka hari ketiga belas berarti sisa waktu pencarian sebelum black box tersebut mati total adalah 17 hari

karna alat Under Water Locator Beacon yg terdapat pada black box hanya mampu memancarkan sinya ultra sonik.selama kurang lebih 30 hari .dan mampu mengirimkan signal dari kedalam air 4000 meter.dan bisa terditeksi dalam radius 25 Kilo Meter.dan tiap detik UWLB atau Under Water Locator Beacon akan mengeluarkan sinyal ping tiap detik hinggah batereinya habis.

Berdasarkan hal tersebut maka mau tidak mau kerja keras para sukarelawan tim pencari pesawat Malaysia airlines harus bekerja keras dengan memburu waktu demi penemuan peswat tersebut.

Semoga sukses amin

Edi Abdullah

/171717

TERVERIFIKASI (HIJAU)

RIWAYAT PEKERJAAN.
1. DOSEN PADA UNIVERSITAS INDONESIA TIMUR TAHUN 2008-2011.
2.DOSEN PADA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR. TAHUN 2008.
3. DOSEN PADA STIH COKROAMINOTO TAHUN 2009-2012.
4. DOSEN PADA STMIK DIPANEGARA TAHUN 2009-2012.DENGAN NOMOR INDUK DOSEN NASIONA(.NIDN ) 09101182O1.
6.BEKERJA SEBAGAI ADVOKAT PADA TAHUN 2008-2011.
7. BEKERJA SEBAGAI PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI PKP2A II LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA RI. SEJAK TAHUN 2011-SEKARANG
.
PENGAMAT KEBIJAKAN PUBLIK,HUKUM, POLITIK LAN MAKASSAR, WIDYAISWARA BIDAG HUKUM LAN MAKASSAR
KARYA IOMIAH ;BUKU PERLINDUNGAN SAKSI DAN KORBAN DALAM SISTEM PERADILAN PIDANA
FROM PINRANG TO MAKASSAR

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?