HIGHLIGHT

Artikel ke-100 di Bulan ke-11

12 Agustus 2012 23:35:02 Dibaca :

Tulisan ini adalah tulisan saya yang ke-100 di blog kompasiana ini. Kalau sebelumnya di profil saya, jumlah artikel hanya diberi 2 angka, kini di situ akan ditulis dengan 3 angka. Mulai hari ini 3 angka itu yakni 100 akan muncul.



Bagi saya ini sebuah pencapaian. Dari Oktober sampai Agustus. 11 bulan. Kalau dirata-ratakan, tulisan saya setiap bulannya di bawah angka 10. Kalau saya menulis 10 artikel setiap bulan maka seharusnya saya sudah menghasilkan 110 artikel. Tetapi tidak apa-apa, toh jumlah tulisan saya sekarang, kalau dirata-ratakan, 9 artikel setiap bulannya. Angka 9 untuk waktu 30 hari belum apa-apa. Tetapi bagi saya yang sedang belajar menulis di blog kroyokan seperti ini, ini pencapaian yang memuaskan dan perlu dikembangkan.



Saya memang menulis tidak teratur. Tiga bulan pertama, tulisan saya menigkat. Mulai akhir Oktober 3 tulisan, lalu berikutnya, November 7, dan di bulan ketiga, Desember, ada 16 tulisan. Perkembangan ini ternyata tidak bisa dipertahankan. Di tengah kesibukan saya sebagai mahasiswa, waktu itu, dan juga menulis untuk 2 blog lainnya, saya masih bisa menulis, meski jumlahnya tidak meningkat. Sampai sekarang saya belum bisa melampaui rekor jumlah tulisan terbanyak di 3 bulan pertama yakni 16 tulisan di bulan Desember. Tiga bulan kedua, jumlah tulisan masih meningkat tetapi masih di bawah jumlah bulan Desember, yakni Januari 7, Februari 8, dan Maret 11.



Tulisan paling sedikit terjadi pada bulan pertama, 3 tulisan, kemudian April 5 tulisan serta November dan Mei masing-masing 7 tulisan. Untuk bulan Oktober bisa dimaklumi belum ada rencana untuk menulis banyak karena patokannya waktu itu adaalh menulis di blog saya sebelumnya yakni 1 tulisan untuk 1 pekan. Bulan November masih sedikit tetapi ada penigkatan dari bulan sebelumnya. Bulan April dan Mei, jumlah tulisan sedikit karena saya sibuk mengikuti Ujian Skripsi dan Ujian Komprehensif. Waktu tersita untuk mempersiapkan 2 ujian yang menjadi penentu kelulusan di kampus.



Tema Tulisan


Tulisan bertema Catatan Harian paling banyak. Ada 15 tulisan. Saya memang paling hobi menulis dari pengalaman. Pengalaman menjadi inspirasi menulis. Saya pun tidak segan-segan mengelompokkannya dalam kategori Catatan Harian.



Tema dominan yang kedua adalah Sosial Budaya, 13 tulisan. Tema ini cocok untuk pengalaman saya. Pengalaman saya banyak bersinggungan dengan realitas sosial. Kehidupan anak-anak jalanan misalnya menjadi bagian dari realitas sosial masyarakat Jakarta.



Tema yang paling sedikit adalah Bola. Itu tulisan saya yang ke-99. saya memang hobi sepak bola tetapi tidak terlalu sering mengikuti perkembangan dunia sepak bola. Saya sadar tema ini sebenarnya paling diminati. Saya sekarang sedang giat membaca koran-koran berbau bola dan olahraga lainnya. Saya mengikuti juga ulasan kompasioner yang konsen dalam tema Bola.



Tema Fiksiana juga sebenarnya bukan hobi saya. Malahan saya bisa mengatakan saya tidak bisa menulis puisi atau cerpen apalagi naskah drama dan dongeng. Tetapi syukurlah saya ternyata bisa juga mencoba menulis sehingga ada 3 puisi, dan 1 cerpen. Drama dan Dongeng juga Cermin belum ada.



Penghargaan Tulisan


Saya bukan siapa-siapa dibanding penulis hebat di kompasiana ini. Tetapi sebagai kompasioner ternyata saya masih bisa dibilang mempunyai sesuatu untuk dibagikan. Paling tidak pihak admin menghargai tulisan saya. Ada banyak yang masuk HL, high light. Sedikit yang masuk HL, headline, dan Terekomendasi. Tulisan yang masuk headline adalah Ada Apa dengan Staf berpakaian Seksi di DPR, Beginilah Cara Anak-anak Warakas Mencari Pelajaran Tambahan, dan Belajar Tidak Korupsi dari Tukang Parkir. Sedangkan tulisan yang masuk Terekomendasi adalah Orang Jogya (Paling) sabar di Jalanan dan Kehidupan Para Sopir Bis Malam.



Ada kepuasan tersendiri bagi saya dengan tulisan yang mendapat penghargaan ini. Meskipun belum pernah masuk Freez, penghargaan yang menurut saya patut dikejar, saya puas dengan penghargaan masuk headline dan terekomendasi. Ini berarti tulisan saya berguna bagi pembaca lainnya di kompasiana. Sampai sekarang belum ada tulisan saya yang dihapus oleh pihak admin. Berarti saya menulis sesuai ketentuan dan tidak emnyinggung pihak yang dirugikan seperti soal SARA misalnya. Hanya beberapa kali admin memindahkan kategori tulisan. Ini pelajaran berharga dan pertanda bahwa admin memang bekerja dengan jeli.



Demikian laporan evaluasi perkembangan tulisan di kompasiana ini.terima kasih untuk pembaca tulisan ini dan terima kasih untuk teman-teman kompasioner yang bersedia membagi pengalaman menulis di kompasiana ini.



PA, 13/8/2012


Gordi Afri

Gordi Afri

/15021987

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Alumnus STF Driyarkara, Jakarta, 2012. Sekarang tinggal di Yogyakarta. Simak pengalamannya di http://gordyafri.blogspot.com dan http://gordyafri2011.blogspot.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
FOKUS TOPIK KOMPASIANAA

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?