Mohon tunggu...
Mirza Gemilang Gemilang
Mirza Gemilang Gemilang Mohon Tunggu... -

Berteman dengan pena dan kertas..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

TIM BPK RI Audit Indobatt

17 Desember 2011   02:11 Diperbarui: 25 Juni 2015   22:09 176
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

[caption id="attachment_150011" align="aligncenter" width="640" caption="Tim BPK RI Audit Perlengkapan Indobatt"][/caption] Rupanya BPK tak hanya melakukan audit di Indonesia, tapi juga sampai ke Lebanon. Pada Jum’at, 16 Desember, Tim audit dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI mengunjungi Batalyon Mekanis TNI Konga XXIII-F/UNIFIL (Indobatt), Tim yang berjumlah enam orang ini diketuai oleh Hari Fitrianto. Kedatangan tim di Markas Indobat disambut oleh Komandan Indobatt Letkol Inf Suharto Sudarsono, didampingi Wakil Komandan Indobatt Letkol (Mar) FJH Pardosi di UN Posn 7-1 Archid al Qusair, Lebanon Selatan.

Hal ini merupakan agenda yang menjadi tugas BPK terhadap pelaksanaan pengelolaan anggaran dan tanggung jawab keuangan yang dikeluarkan oleh negara. Termasuk Satgas Indobatt yang menjadi bagian dari lembaga institusi TNI yang saat ini melaksanakan tugas pada misi perdamaian UNIFIL di Lebanon Selatan.

Pemeriksaan dilakukan selama kurang lebih lima jam, diawali dengan penjelasan secara singkat oleh Komandan Indobatt di ruang rapat Tactical Operation Center (TOC). Berkaitan dengan penerimaan materiil serta perlengkapan yang dipertanggung jawabkan kepada Indobatt, baik dari segi jumlah, macam, pemanfaatan  dan kondisi yang digunakan dalam mendukung misi perdamaian di UNIFIL hingga saat ini.

Usai menerima penjelasan dari Komandan Satgas, maka dilanjutkan dengan pemeriksaan tertib administrasi, baik keuangan maupun logistic. Pemeriksaan keuangan meliputi keluar dan masuknya anggaran, serta sistem pembayarannya.Pemeriksaan administrasi bagian logistik, meliputi daftar barang - barang dan perlengkapan yang diterima baik perlengkapan perorangan maupun perlengkapan satuan serta bagaimana sistem penyaluran logistik kepada satuan bawah jajaran Satgas.

Selesai melaksanakan pengecekan administrasi, Tim melanjutkan kegiatan menuju lapangan Soekarno Indobatt, untuk meninjau gelar kendaraan dan alat perlengkapan yang dimiliki Satgas, diawali dengan pengecekan kendaraan ringan dan berat, kendaraan tempur, senjata, perlengkapan optik, radio komunikasi, obat-obatan dan yang terakhir meninjau gudang perlengkapan dan gudang bahan makanan.

Perwira Penerangan Konga XXIII-F/Unifil, Lettul Inf Suwandi, menjelaskan, dalam peninjauan alat perlengkapan di lapangan, Tim BPK didampingi oleh masing-masing staf sesuai tanggung jawabnya masing-masing, antara lain Perwira Kavaleri Mayor Kav Budi Medina, yang bertanggung jawab terselenggaranya operasional kendaraan Satgas baik Ranpur maupun Ranri.

Kepala Seksi Logistik (Kasilog) Kapten (Kal) Indra Aditya, yang bertanggung jawab atas pengadaan dan penyaluran logistik Satgas, Lettu (Lek) M Nuh, bertanggung jawab atas terselenggaranya gelar Komunikasi Satgas,serta Perwira Pekas Kapten Cku Rico Ferdian, yang bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Satgas.Hadir dalam  kunjungan Tim BPK ke Indobatt itu, Athan RI untuk Kairo Kolonel R Teguh.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun