Mohon tunggu...
Mirza Gemilang Gemilang
Mirza Gemilang Gemilang Mohon Tunggu... -

Berteman dengan pena dan kertas..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Latihan Siang Malam, Prajurit TNI Dipantau Deputy UNIFIL

26 Oktober 2014   18:29 Diperbarui: 17 Juni 2015   19:41 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Prajurit TNI yang tergabung dalam Kontingen Garuda (Konga) TNI yang melakukan latihan Contingency Plan di UNIFIL HQ, Naqoura Lebanon Selatan, mendapat apresiasi dari Deputy Force Commander (DFC) United Nation Interim Force In Lebanon (UNIFIL), Brigadir Jenderal Tarundep Kummar, Sabtu kemarin,25 Oktober.
Jenderal Kummar, mengikuti seluruh rangkaian skenario latihan tersebut, yang berlangsung pada pagi dan malam hari.Jenderal asal India itu secara serius dan sungguh-sungguh memberikan perhatian saat debriefing di ruang rapat conference room 2, yang diikuti oleh seluruh Komandan  Satuan yang terlibat dalam latihan tersebut.Evaluasi dilakukaan sesaat setelah Jenderal Kummar  melakukan inspeksi udara dengan menggunakan Helicopter Ital Air, untuk melihat seluruh aksi yang dilakukan oleh prajurit TNI dalam mengatasi seluruh trouble spot yang ditimbulkan secara simultan yakni mengatasi timbulnya tiga skenario siang hari antara lain  unruly mob situation at entry gate, force entry, and artillery shelling.
Kemudian dilanjutkan dengan tiga skenario pada malam hari antara lain lobbying of hand grenades into greeen hill garrison, shelling and sniper. Seluruh skenario yang ditimbulkan dapat diatasi dengan kesiagaan dan ketanggapan yang tinggi dengan aksi yang cepat ke sasaran oleh prajurit-prajurit TNI.

Pada tahap evaluasi latihan, Komandan Satgas (Dansatgas) Indo FPC (Indonesia Force Protection Commpany) Konga XXVI-F2/UNIFIL Mayor Inf Aulia Dwi Nasrullah menyampaikan terimakasih kepada seluruh anggotanya yang ikut latihan saat itu yang telah menunjukkan keseriusannya dan semangat dalam latihan, hingga DFC memberikan penilaian yang baik.

Dalam latihan ini  skenario yang ditimbulkan adalah situasi yang paling mungkin terjadi di AoR, karena itu  ketanggapsegeraan dan ketrampilan dalam bereaksi harus dipelihara setiap saat.Dalam debrefing, DFC UNIFIL tak lupa juga mengucapkan terimakasih dan rasa bangga kepada Kolonel Inf Adipati Karnawijaya selaku Komandan Satgas FHQSU (Force Headquarter Support Unit) atas inisiatifnya dalam menggagas dan mengkoordinasikan latihan ini, sehingga penyelenggaraan latihan berjalan dengan lancar.

Latihan ini merupakan latihan kali pertama yang diselenggarakan di UNIFIL dan merupakan tahapan lanjutan dari latihan Meditteranian Storm Table Top Exercise yang diselenggarakan  beberapa waktu yang lalu.
"Latihan ini akan menjadi latihan periodik di UNIFIL guna meningkatkan kesiapsiagaan dan interoperabilitas seluruh brunch UNFIL dalam menghadapi situasi yang terburuk," kata Pasiops Satgas FPC Konga XXVI-F2/UNIFIL Mayor Inf Achmad Juni Toa.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun