Mohon tunggu...
Rukmana Tea
Rukmana Tea Mohon Tunggu... Editor - Belajar Tanpa Batas

Jangan jadi orang yang merugi, karena penyesalan di hari akhir tidak akan berarti..

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pesona Songket Sambas yang Mengagumkan

27 April 2017   23:37 Diperbarui: 28 April 2017   09:00 676
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ali Baba Durian Group bersama Bupati Sambas, H.Atbah Romin Suhaili/Foto:Ist

Alibaba Durian Group
Alibaba Durian Group
Ali Baba Durian Group bersama Bupati Sambas.H.Atbah Romin Suhaili dan pihak Pemkot Jakarta Utara/Foto:Ist
Ali Baba Durian Group bersama Bupati Sambas.H.Atbah Romin Suhaili dan pihak Pemkot Jakarta Utara/Foto:Ist
Jakarta- Pesona songket Sambas menuai decak kagum saat pagelaran busana desainer ternama Irsan dalam ajang Jakarta Fashion Food Festival ( JFFF ) 2017. Mengangkat tema “Asha by House of Irsan”, kain tenun songket buatan asli perajin Sambas ini tampil modern dan kekinian dalam balutan busana, namun tanpa mengurangi nilai khas tradisional.

“Sebagai Bupati Sambas saya sangat bangga dengan kain songket yang merupakan salah satu warisan budaya bangsa tampil dalam fashion show JFFF 2017. Pada pagelaran busana ini semakin membuktikan bahwa songket Sambas memang luar biasa. Urang Sambas layak berbangga, dan tentunya Indonesia,” ujar Bupati Sambas H.Atbah Romin Suhaili usai acara fashion show JFFF 2017 di Hotel Harris, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu malam (26/4/2017).

Pada kesempatan itu, Atbah mengucapkan terima kasih kepada pihak penyelenggara JFFF 2017 dan desainer Irsan yang telah memberi perhatian lebih pada kain songket dengan menampilkan hasil karya buatan tangan para perajin asli Sambas.

“Atas nama masyarakat Sambas, khususnya perajin kain tenun Sambas, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Selamat dan sukses untuk JFFF 2017. Maju terus karya anak negeri,” ucap Bupati bersahaja ini didampingi istri beserta buah hatinya.

Perantau asal Kabupaten Sambas, Kalbar, Budianto Sugianto, Rahmat Chai, Rusli Viliyanto dan Djong Haryanto dari “Alibaba Durian Group” yang malam itu hadir juga mengaku bangga terhadap kain songket asal kampung halamannya.

“Kain tenun songket Sambas memang luar biasa, sudah terkenal, baik dalam negeri maupun luar negeri. Sebagai orang Sambas tentunya saya merasa bangga. Semoga melalui fashion show ini kain songket semakin mendunia,” kata Ketua Umum Forum Gotong Royong Masyarakat Sambas ( Fogoromas ) ini. 

Hal senada dikatakan Rahmat Chai, karya desainer Irsan merupakan salah satu bentuk upaya melestarikan warisan budaya bangsa. Tanpa mengabaikan pakem-pakem yang telah terpelihara secara turun-temurun, kain songket tampil lebih modern dalam fashion show tersebut.

“Meski buatan lokal, namun kelasnya sudah internasional. Songket menjadi semangat dan inspirasi bagi kite Urang Sambas. Layak kita apresiasi bagi para perajin kain songket Sambas, dan para desainer Indonesia yang menjadikan songket sebagai inspirasi rancangan busananya. Ini juga tentunya menjadi peluang bisnis tersendiri bagi industri kreatif,” tutur Rahmat Chai yang malam itu membeli kain songket.

“Penghargaan dari Unesco terhadap tenun songket Sambas menegaskan bahwa hasil karya dari Urang Sambas dapat menembus batas ke dunia internasional. Ini luar biasa tentunya, dan kita layak berbangga serta harus terus melestarikannya,” tambah Rusli Viliyanto.

Hadir pada malam itu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah ( Dekranasda ) DKI Jakarta, Veronica Tan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf, Kepala Bidang Ekonomi Pemkot Jakarta Utara, Dewi Setyowati dan pihak terkait lainnya.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun